[Ulasan Buku] Connect The Dots: Ketika Hidup Tak Sesuai Keinginan dan Caramu Berdamai dengannya

October 05, 2023


Score: 8/10.

Di tahun 2005, salah satu manusia paling terkenal di dunia, Steve Jobs, menyampaikan pidato di hadapan wisudawan Universitas Stanford, Amerika Serikat. Pidato itu sangat inspiratif dan dinobatkan oleh berbagai kalangan sebagai salah satu pidato terbaik di dunia. 

Pidato itu, seperti yang dijelaskan oleh Helmi Yahya, melahirkan istilah yang kemudian menjadi judul buku ini: "Connect the Dots."

Berisi 8 bab yang menguliti perjalanan karier hingga kisah hidup yang dialami Helmy Yahya, baik cerita suka maupun dukanya, tak ada yang ia tutupi, semua diceritakan dari perspektifnya sendiri. Dibantu oleh Dodi Mawardi sebagai co-writer, buku ini ditulis dengan kalimat ringkas dan tangkas, begitu mengalir dan tahu-tahu kita sampai di halaman terakhir. 

Berbagai kisah perjuangan Helmy diceritakan, mulai dari masa kecilnya yang hidup serba pas-pasan karena terlahir dari keluarga miskin; tak bisa melanjutkan kuliah ke fakultas kedokteran; gagal pilkada 3 kali berturut-turut; hingga dipecat TVRI semua dibuka secara blak-blakan, termasuk pencapaian-pencapaian luar biasa dalam hidupnya yang diraih lewat kerja keras pantang menyerahnya. 

Buku ini semacam autobiografi singkat yang diceritakan oleh tokohnya sendiri memakai sudut pandang orang pertama. Pada beberapa bagian, terasa pas, tetapi di bagian yang lain terasa canggung sebab rasanya aneh memuji dirinya sendiri. Memang buku ini ditulis sebagai motivasi untuk pembaca, namun bila tidak tepat penyampaiannya akan terasa cringe dan terkesan butuh pengakuan—di bagian tertentu bahkan prestasi yang diraih terus diulang-ulang di semua bab. 

Terlepas itu semua, secara keseluruhan buku ini mengajak kita untuk mau bekerja keras dan jangan berlarut-larut meratapi kekalahan. Sukses dan gagal adalah pilihan yang kita tentukan sendiri jalannya. Yang jelas, semua kejadian diibaratkan titik-titik yang suatu saat, ketika kita sudah jauh melangkah ke depan, akan menyadarkan kita ternyata semua titik itu saling terhubung dan memiliki maksud tertentu kenapa kita mesti melaluinya. 

Helmy Yahya tentu tak asal berteori, semua ia tulis berdasarkan kehidupannya sendiri. Dan bagi pembaca awam, buku ini memberikan banyak kemudahan. Semisal di setiap akhir bab, akan ada konklusi atau istilah dalam buku ini "Pelajaran Berharga" yang bisa diambil dari setiap peristiwa. 

Cilegon, 05 Oktober 2023


*) Omong-omong, saya dapat buku ini dari Mas Gol A Gong. Hanya dalam tiga hari, tumben, saya berhasil merampungkannya~

You Might Also Like

0 komentar