[Ulasan Film] Detective Conan Black Iron Submarine: Seru dan Menegangkan Walaupun Alurnya Sedikit Garing!

December 12, 2023

Official Poster by TMS Entertainment
Score: 7,5/10

Film ke-26 dari serial anime Detective Conan adalah Detective Conan: Black Iron Submarine. Film ini dirilis di Jepang pada 14 April 2023 dan di Indonesia pada 26 Juli 2023. Film ini diproduksi oleh TMS Entertainment dan didistribusikan oleh Toho Company, Ltd.

Seperti biasanya, movie Conan selalu menjadikan background story yang berasal dari dunia nyata. Soal visual tak perlu diragukan lagi, selalu memanjakan mata.

Kemunculan Organisasi Hitam di anime Conan mungkin mirip kemunculan Shanks dan kru di anime One Piece. Apalagi Gin dkk memiliki kaitan dengan asal-usul penyusutan tubuh Shinichi Kudo menjadi Edogawa Conan.

Kasus kali ini pun relate dengan apa yang sedang terjadi di dunia nyata belakangan ini. Tentang penyalahgunaan Artificial Intelligent (AI) dan peretasan keamanan Interpol.

Gila banget geng Organisasi Hitam ini, dia bisa membobol komputer dan keamanan Interpol negara Eropa yang super ketat itu. Beruntungnya, identitas Conan belum terungkap oleh Gin—sebab dia masih percaya Shinichi sudah tewas.

Detective Conan: Black Iron Submarine disutradarai oleh Yuzuru Tachikawa dan naskahnya ditulis oleh Takeharu Sakurai. Film ini berdurasi 109 menit dan berhasil meraup $106 juta.

Sayangnya, plot dan konfliknya terasa terlalu biasa seperti episode mingguan. Berbeda dari movie-movie sebelumnya yang grande dan memainkan perasaan dan emosi penonton. Di sini kurang berasa diaduk-aduk, lebih banyak berdecak kagumnya. Padahal pertemuan Conan dan Gin aka Organisasi Hitam paling ditunggu di anime ini.

Yang mungkin rada mengganggu adalah cara berpakaian Gin dan Vodka. Dalam keadaan ruwet di bawah air dan udara, mereka tetap memakai jubah hitam yang rada nggak mungkin di dunia nyata memakai pakaian seribet itu. Tapi kalian 'kan pasti bakal bilang "Namanya juga kartun". Iya udah deh ~

Cilegon, 12 Desember 2023

You Might Also Like

0 komentar