[Ulasan Film] Sri Asih, Kemunculan Superhero Perempuan Pertama di Bumilangit Cinematic Universe

November 28, 2022

 

Official poster by BCU

Score: 7/10.

Bumilangit Cinematic Universe kembali merilis film superhero-nya. Kali ini karakter perempuan, Sri Asih, yang pernah dimunculkan di akhir film Gundala. 

Assemble cast di Sri Asih cukup gila, sih. Hampir para aktor kelas A dilibatkan, bahkan untuk sekadar cameo seperti Najwa Shihab dan Dian Sastrowardoyo. 

Untuk Pevita Pearce, Reza Rahadian dan Christine Hakim, saya acungkan dua jempol untuk akting mereka, dan memang sudah pasti baguslah. Tetapi sayangnya, saat mereka disandingkan dengan aktor lain terasa timpang, seperti Jefri Nichol, Dimas Anggara, Randy Pangalila dan Surya Saputra. 

Belum lagi soal dialog di beberapa scene terasa kaku dan "drama" banget. Padahal saya berharap lebih pada film ini, karena Gundala saya jadikan benchmark film superhero di Indonesia—Gatotkaca dan Ashiap Man tidak masuk itungan, dua film itu superhero saja belum~

Yang patut diapresiasi tentu saja sentuhan visual dan CGI-nya. Sudah nyaman di mata dan berhasil meyakinkan penonton bahwa hal itu betulan terjadi.

Official poster by BCU
Yang sulit, bagi film superhero mana pun, sepertinya saat memasukkan scene kostum. Menurut saya itu scene yang tricky; bisa oke banget seperti Spider-Man, atau kacangan sehingga mirip satu sama lain.

Termasuk Sri Asih ini, mirip sekali dengan scene "kemunculan" kostum kebanyakan, saya melihat mirip film-film DC dan MCU, bahkan Power Ranger.

Yang membedakan adalah ketika kostum dan selendangnya dibacakan mantra atau "diupacarakan" lebih dulu oleh para sinden dan penjaga peninggalan leluhur—walaupun terasa sekali jawa sentrisnya. 

Overall, saya akan meminta kawan-kawan tetap support dan dukung film ini agar film superhero berikutnya terus dibuat dan diproduksi. Dan kita bisa berharap bersama film berikutnya bakal jauh lebih baik lagi. 

Cilegon, 28 November 2022

You Might Also Like

0 komentar