REFRESHING OTAK KE PULAU EMPAT, KARANGANTU, SERANG-BANTEN

1:15 AM

Logo Official TSM Group.
Dibuat oleh Efri Saputra pada, (12/01/17)

Kami yang mendeklarasikan diri dengan nama kelompok: “Tukang Sapu Madrasah” secara tersembunyi memutuskan untuk mengadakan pertemuan setiap minggu pertama di awal bulan. Gagasan awal bermula ketika kami merasa setelah lulus Aliyah (SMA) jarang berjumpa. Maka adanya ide brilliant ini disambut baik oleh semua teman-teman. Namun saya nggak akan mengulas hal nggak penting ini lebih jauh lagi. Karena yang terpenting adalah hal-hal yang kami lakukan di setiap pertemuan. Seperti di bulan ke-4 ini, kami memutuskan untuk piknik supaya nggak panik. Pilihannya nggak jauh-jauh. Terlebih sebagian besar dari kami masih mahasiswa, pahamlah isi kantongnya setebel apa? *digampar*

Jadi, kami memutuskan untuk menyeberangi lautan ke daerah #WisataBanten. Yakni di Pulau Empat, Karangantu, Serang. Tiga hari sebelum keberangkatan, salah dua dari kami melakukan riset kecil. Mereka mencari informasi, berapa biaya yang dikeluarkan untuk menyewa perahu. Setelah bertanya ke sana-kemari, akhirnya mereka berjumpa dengan Mang Mahdi, si pemilik perahu. Harga yang ditawarkan mulanya 500rb PP dari Karangantu-Pulau Empat untuk maksimal 20 orang. Namun kedua teman kami tak lekas mengiyakan. Mereka hanya meminta kontak personnya (akan kami tulis di akhir catatan), kemudian pulang. Sampai tiba hari Minggu 05/April/2015, kami datang secara rombongan. Total ada 13 orang.

Sebelum keberangkatan


Kami bertemu lagi dengan Mang Mahdi, dan salah satu tips dari kami adalah: ajaklah temanmu (lebih disarankan perempuan) yang pandai menawar-nawar harga, seperti teman kami. Dia berhasil menggoyang harga dari 500rb menjadi 400rb saja. Dan dengan murah hati Mang Mahdi menyepakati tawaran harga segitu. *kita nggak pasang tampang ngemis, lho* :D

Dan lebih kerennya lagi, setelah kami di perahu, beliau mengatakan dengan harga segitu kita bisa menyeberangi tiga pulau sekaligus dan beliau bersedia mengantarkannya. Seperti ke: Pulau Lima, Pulau Empat, Pulau Tiga. (Sayangnya saya lupa menanyakan apa filosofi dari nama tersebut).

Pulau Lima



Di Jembatan Pulau Lima


Terbang pakai tongkat ajaib

Waktu tempuh dari pelabuhan (tempat perahu Mang Mahdi), sampai ke Pulau Lima memakan waktu 30 menit. Kami sengaja ingin melihat-lihat dan berfoto-foto dulu di Pulau Lima, mumpung satu paket *teu daek rugi (TDR)* hahaha... tetapi tempatnya memang kurang asyik dan menurut Mang Mahdi memang kurang ada perawatan. Terlihat dari sampah-sampah yang berserakan.

Sampah di bibir pantai


Jadi, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Empat. Jarak antara Pulau Lima ke Pulau Empat sekitar 30 menit. Sebelum berangkat, kami juga berfoto dulu dengan Mang Mahdi, lumayan itung-itung balas jasa kami karena kemurahan hati beliau, kami promosiin perahunya.

Sebelum capsus ke Pulau Empat, foto di perahu Mang Mahdi

Foto Kanan (Mang Mahdi)

Usai itu, langsung tancap gas. Tiba di Pulau Empat, tempatnya memang jauh lebih baik. Tanahnya rata dengan karang dan pasir putih. Airnya jernih dan bening. Sampah tidak berserakan. Ada banyak saung tersedia. Lantas saja kami menempati salah satu saung. Sayangnya, setelah lebih 15 menit, ternyata ada seorang penjaga yang mengintai kami. Bapak berusia kira-kira 48 tahun itu mengatakan setiap orang dikenai biaya masuk 10 ribu. Ditambah dengan harga sewa saung sebesar 50 ribu. Bila di total kami ada 13 (orang) x 10 ribu= 130rb + 50 ribu total keseluruhan 180 ribu. Namun lagi-lagi, jangan mudah untuk segera bersepakat. Sebagai warga yang baik, kami mengikuti tradisi di Indonesia, lagi-lagi kami mengandalkan kawan kami yang pandai menggoyang harga. Dan setelah tawar-menawar yang cukup alot, akhirnya kami menemukan titik tengahnya. Kami memberikan 110 ribu (bilang aja borongan) dan bapak itu pun mengangguk kemudian berlalu ke pos-nya.

Kami berlanjut dengan membakar ikan yang sudah kami persiapkan sebelum berangkat. Bapak penjaga itu pun menyediakan panggangan, meski kami tidak meminjamnya. Kebetulan tempatnya memang sangat luas dan bebas. Di sekitar saung ada beberapa tempat jajanan, tetapi saat itu tak ada satu pun yang buka. Namun harus hati-hati pula, sebab di belakang saung ada pohon-pohon besar yang ditinggali monyet-monyet liar. Dari info yang didapat, monyet itu sering jahil dan mengambil barang-barang pengunjung Pulau Empat.


Hamparan tanah Pulau Empat yang ditutupi Karang

Menaruh barang-barang di Saung

Bakaran ikan kakap

Ikan panggang *masa siiih... :D


Satu hal yang paling dinantikan adalah Snorkeling (ada banana boot juga, tapi harus manggil dulu, karena penyewanya ada di Pulau Tiga). Belum sempurna rasanya bila kalian bertandang ke Pulau Empat tanpa menikmati pemandangan bawah lautnya (meski masih di dasar). Nah, tentu akan ada kocek yang harus dikeluarkan, bukan? Seperti diawal, perwakilan dari kami tanya-tanya dahulu. Setelah didapat infonya untuk Snorkeling dikenai harga 35 ribu/orang. Dompet semakin menipis, bahkan sebagian memilih untuk nggak nyoba. Sayang banget, menurut saya. Jadi, saya coba mengobrol. Dan ternyata, bapak penjaga Pulau itu pun dengan baik hati menurunkan harga yang tadi telah ditentukan. Kalian tahu berapa? Jadi 10 ribu/orang. Beginilah backpacker kere hahaha... ah, sebodo amat, yang penting sama-sama bahagia. Toh, saat kami ke sana memang sedang sepi pengunjung. Jadi, daripada nggak ada pemasukan, si bapak juga menyetujui. Sebenarnya, kalau di hari-hari tertentu, ada harga spesial yang ditawarkan. Seperti saat tahun baru,  katanya, harga snorkeling itu 15 ribu/orang.

Kami semua menyepakati untuk mencoba snorkeling seharga 10 ribu/orang. Alat yang tersedia hanya ada 9 jadi sebagian dari kami bergantian. Seperti: Kacamata, alat pernapasan, pelampung dan kaki katak. Sepuasnya! Kami sampai lupa waktu dan (terpaksa) berhenti jam 17.00. Karena menurut Mang Mahdi nggak boleh sampai malam, sebab perjalanan ke pelabuhan cukup jauh. Sebenarnya di Pulau Empat pun disediakan cottage untuk menginap, tetapi kami tidak berniat. Dan harganya pun belum tahu sebab tidak kami tanyakan.
Bersiap untuk snorkeling




Jangan lupa, memulai sesuatu dengan doa :')
Pemanasan... *yg ada kepanasan :v


Menikmati pemandangan biota laut: karang, ikan, dan tanaman laut
Hati-hati di beberapa bagian banyak bulu babi, saya salah satu korbannya T.T



*LIKEABOSS!*




 Puas sudah kami menghabiskan waktu di Pulau Empat. Sangat berharap di pertemuan berikutnya bisa lebih jauh lagi semisal ke Kepulauan Raja Ampat yang merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung(VogelkoopPulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau WaigeoPulau MisoolPulau Salawati, dan Pulau Batanta (wikipedia). Semoga saja, apa salahnya berandai-andai. Aamiin :D

Oke, akhir kata kami menyanyikan lagu sayonara di atas dek perahu. Di lain waktu mudah-mudahan bisa berkunjung ke Pulau Empat lagi, dan berlanjut ke Pulau Tiga, yang tempatnya berjarak tempuh 30 menit dari Pulau Empat. Sayangnya waktu tidak mengizinkan. Malam mulai datang, dan kami beranjak pulang.
bye-bye di atas perahu


mikirin dompet yang kosong XD


Wajah dan rambut mulai kusut



Mungkin, cukup segini dulu cerita yang bisa saya bagi. Tanggapan silakan ditulis pada kolom komentar. Untuk total sekelurahan..., eh, keseluruhan, bisa dijumlahin sendiri, ya. Kan udah pada gede? *apanya :v hahaha

Saya ingin share nomor ponsel Mang Mahdi, tetapi ragu-ragu. Saya takut akan disalahgunakan. Saya hanya berpesan nomor ini tolong digunakan sebaik-baiknya dan seperlu-perlunya aja, ya.
Mang Mahdi (pemilik perahu) >>> 0878-0960-1128. 
Beliau asyik diajak ngobrol dan cukup murah hati.[]
***

"Semesta ini sungguhlah luas. Mari arungi untuk kemudian bertafakur dan bertadabur betapa Mahabesar-nya Allah SWT."



 Cilegon, 08 April 2015

________________________________

Sweater Official of TSM Group.


You Might Also Like

26 komentar

  1. Wiihh keren narasiinya
    Moga kesammpean ke raja ampatnya..
    Lo belajar renang dulu yang benner .... Hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih udah mampir sharetips, boleh kok bantu share link ini juga hahha *ngarep*

      btw, kok tau gue blm lancar berenang :v hahaha

      Delete
  2. untuk yg berminat k Pulau lima (P 5 ) kami menyediakan transportasi hub aja andi daud 087771803851

    ReplyDelete
  3. ga kalah asik liburan ke pulau tidung ya..

    ReplyDelete
  4. kami menyediakan tranport ke pulau lima, pulau empat ,pulau tiga dan pulau tunda..
    cp andi daud 087771803851

    ReplyDelete
  5. biaya transpot perahu
    pulau lima 400.000
    pulau empat 600.000
    pulau tiga 700.000
    pulau tunda 2.000.000
    harga bisa disesuaikan dengan kondisi perahu dan jumlah orang
    kami juga menerima jasa paket komsumsi 20.000/ org

    ReplyDelete
  6. Keren deskripsinya jadi pengen kesonoh tp gk ada temn kasian yah w hahaa

    ReplyDelete
  7. Promote dong ketemen2, ada Acara life musik, pesta kembang api dan lampion terbang tgl 31 pd mlm pergantian thn, biaya partisipasi cm 75 rb udah trmsk penyebrangan krg antu-pulo pp smp bsk hr, dan acara tsb diatas cp aisha 087773600001

    ReplyDelete
  8. Promote dong ketemen2, ada Acara life musik, pesta kembang api dan lampion terbang tgl 31 pd mlm pergantian thn, biaya partisipasi cm 75 rb udah trmsk penyebrangan krg antu-pulo pp smp bsk hr, dan acara tsb diatas cp aisha 087773600001

    ReplyDelete
  9. Halo mba admin, postingannya bagus bgt.
    Aku jg kebetulan ada kapal di karangantu yg bisa disewa untuk ke pulau tiga/empat/lima, kapal saudaraku sih sbenernya hehe. Harga di kisaran 400-600rb pulang – pergi (fluktuatif karna trgantung seasonnya dia bilang). Kalau butuh, bisa whatsap/sms aja 0877-7111-7750. Mudah2an brmanfaat ya buat para traveler :)

    ReplyDelete
  10. Petualangan yang menyenangkan... Keren...

    ReplyDelete
  11. ayo rekan - rekan yg berminat berwisata k pulo empat dan tiga hub andi daud cp 08777 1803 851
    kami juga menyediakan paket one day dan two day one night
    di jamin harga terjangkau
    include 1Day
    1.penyebrangan pp
    2.makan 1 x
    3.alat snorkling
    4.perahu kano
    5.gajebo

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang harganya berapa gan per org?

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Bagus ceritanya..
    Jd pengen kesana 😄
    Thanks yaa buat penjelasan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah mampir Dian, ayo lekas ke sana, ajak teman2nya :)

      Delete
  14. Jadi pengen turu..
    Ntes baca kien

    ReplyDelete
  15. Sayang yaa Pulau Lima nggak bersih :( Snorkeling di sini bagus kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kurang dirawat. Tapi ngga tahu kalau tahun ini, semoga saja sudah baikan.
      Snorkeling di pulau empat lumayan bagus, kok. Kuylah!

      Delete
  16. Lumayan rogoh kocek juga ya? Untung ada teman yg pintar nawar. Kalau di priceza.co.id gak perlu nawar, bisa cari harga termurah karena langsung ngasih harga tiap toko online loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak. Tapi lumayan sebandinglah sama pemandangannya hehe~

      Delete