[Ulasan Film] Tick, Tick... BOOM! : Tentang Ambisi dan Mimpi

2:16 PM



Score: 8/10.

Ini adalah sebuah film biografi musikal dan drama asal Amerika produksi tahun 2021, yang disutradarai oleh Lin-Manuel Miranda (dalam debut penyutradaraan filmnya) dari skenario yang dirancang Steven Levenson, berdasarkan musikal panggung dengan nama yang sama karya Jonathan Larson. Film ini dibintangi oleh Andrew Garfield, Robin de Jess, Alexandra Shipp, Joshua Henry, dengan Judith Light, dan Vanessa Hudgens.[Wikipedia].
Sudut pandang di menit awal akan cukup membingungkan, paling tidak bagi saya. Sebab setiap scene-nya akan bergantian antara dua peristiwa. Tapi tenang, ketika memasuki pertengahan hingga akhir, akan mudah dipahami dan tahu alasannya kenapa POV itu yang dipilih.
Ada satu scene yang membuat saya merenung dan tanpa sadar meneteskan air mata. Scene ketika Jonathan pasrah akan cita-citanya yang sudah ia rancang sejak 8 tahun lalu tapi rasanya sia-sia belaka. Lalu ia menemui Michael dan mau menerima tawaran pekerjaan yang sempat ia tolak sebelumnya.
Dan di sanalah teman sesungguhnya hadir. Alih-alih memberikan pekerjaan, Michael malah menyemangati sahabatnya untuk jangan menyerah dengan mimpinya. Ia tahu seberapa besar usaha yang dilakukan Jonathan selama ini untuk mewujudkan cita-citanya.
"Apa yang harus saya lakukan sekarang?"
"Mulailah tulis karya berikutnya. Setelah selesai yang itu, mulai tulis berikutnya. Lagi dan lagi, begitulah jadi penulis. Kau terus berkarya, dan berharap akhirnya ada yang diterima."
Bagi kamu yang sedang memperjuangkan mimpinya dan akan menyerah, saya sarankan menonton film ini. Kamu akan tahu bahwa kamu tidak sendirian. Bahwa apa yang sedang kamu perjuangkan, suatu hari nanti akan berhasil kamu raih, meski dengan susah payah dan mengorbankan banyak hal.
Orang-orang yang memandang remeh hari ini, bisa jadi orang yang akan bertepuk tangan paling keras suatu hari nanti. Terdengar mustahil, tapi di sanalah tantangannya.

Cilegon, 02 Januari 2022

You Might Also Like

0 komentar