[Ulasan Film] Avatar The Way of Water: Problematika Keluarga dan Keindahan Laut Metkayina

December 20, 2022

Poster film Avatar 2

Score: 9,5/10.

"𝙎𝙚𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜 𝘼𝙮𝙖𝙝 𝙢𝙚𝙡𝙞𝙣𝙙𝙪𝙣𝙜𝙞, 𝙞𝙩𝙪𝙡𝙖𝙝 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙢𝙚𝙢𝙗𝙪𝙖𝙩 𝙝𝙞𝙙𝙪𝙥𝙣𝙮𝙖 𝙗𝙚𝙧𝙢𝙖𝙠𝙣𝙖."

Berbeda dengan filmnya yang pertama, film kedua Avatar ini terasa lebih hangat dan lebih banyak mengeksplorasi kisah tentang keluarga. Jake Sully (Sam Worthington) dan Neytiri (Zoe Saldana) fokus membesarkan anak-anaknya selagi serangan dari Bangsa Langit belum kembali. 

Sebelum menonton bagian kedua ini, saran saya coba tonton film yang pertamanya lebih dulu yang tayang tahun 2009, agar memudahkan kita untuk memahami jalan ceritanya.

Meski durasinya 3 jam lebih—lebih lama dari yang pertama—bagi saya malah kurang. Bagian kedua ini, sesuai judulnya, sudah tidak lagi mengekslorasi Avatar hutan, tetapi masuk ke koloni Avatar laut yang begitu indah. 

Saya tak henti-hentinya mengagumi karya James Cameron selaku sutradara. Ia dan timnya membangun dunia baru yang meyakinkan. Bahkan saya malah curiga, jangan-jangan, penantian panjang selama 13 tahun ini dia mencari letak dunia Pandora dan berhasil menemukannya. 

Saya mengatakan itu karena saking begitu meyakinkannya dan terlihat nyata. Saya penasaran bagaimana kalau nonton yang versi 3D, pasti lebih terasa lebih hidup lagi.

Konflik yang dihadirkan memang tidak seklimaks yang pertama, tetapi saya paham, bisa jadi yang kedua ini baru konflik permukaan yang akan dibawa lebih jauh di Avatar 3 yang konon sudah selesai syuting dan memiliki durasi 9 jam sebelum diedit. Gila!! 

Yang kedua ini hanya memenuhi balas dendam Kolonel Miles Quaritch (Stephen Lang) kepada Jake Sully, tidak ada alasan yang kuat seperti di Avatar 1 yang fokus tentang perebutan tanah Pandora. 

Terlepas dari itu, pemandangan pantai, bawah laut, ikan-ikan, terumbu karang, pedesaan, penduduk Pandora dan Metkayina, serta semua keajaibannya itu, mustahil untuk tidak berdecak kagum saat melihatnya.

Makanya saya sempat mengutuki mereka yang memberi nilai rendah untuk film ini. Saya saja sampai menonton dua kali dan tetap dengan kekaguman yang sama pada setiap scenenya! 

Sungguh tak sabar menantikan petualangan Avatar berikutnya. Mungkin akan datang ke koloni lainnya dengan pemandangan yang semakin indah! 

Cilegon, 20 Desember 2022

You Might Also Like

0 komentar