PLN BERSIH: MENUTUP CELAH UNTUK KORUPSI

9:29 PM



Jika bicara masalah korupsi atau koruptor siapa yang tidak akan dongkol. Rakyat Indonesia hampir setiap pagi merasa bosan disuguhi berita yang itu-itu saja, mulai dari media cetak hingga media elektronik seperti: Koran, Majalah, televisi, radio dan seperti berita yang bisa anda akses dan baca melalui sambungan internet secara online di BLOGdetik.com dan masih banyak lagi media online lainnya.

Lalu, apa yang akan kita lakukan misalkan ada instansi, Perusahaan besar atau lembaga pemerintah yang mengikrarkan diri dan menolak secara tegas dari korupsi atau para koruptor si tangan kotor?

Tentu siapa pun dari kita akan melantangkan kata setuju dan mendukung programnya tersebut.

Anda mau tahu lembaga pemerintah/Perusahaan besar apakah yang saya maksud? Kasih tahu enggak yaaa.... :D hehehe

PLN BERSIH , begitu slogan dari komitmennya. Yups, PT. PLN (Persero) telah menegaskan komitmennya untuk menjalankan praktek penyelenggaraan perusahaan yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. Sekaligus menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. 
Jika dibilang kemungkinan besar untuk melakukan transaksi kotor atau korupsi dan lain semacamnya, itu bisa saja terjadi bukan hanya di Perusahaan besar seperti PT. PLN (Persero)  saja. Korupsi bisa terjadi pada siapapun dan dalam keadaan apapun, selama imannya lemah, tidak mampu memegang amanah, dan tentunya karena ada kesempatan. Karenanya  PT. PLN mencoba untuk menegaskan dengan komitmen yang dikenal dengan PLN Bersih. Pastinya, saya sebagai seorang blogger dan juga tentunya siapa pun rakyat Indonesia menginginkan tidak ada lagi yang namanya koruptor, yang hanya bisa merugikan orang lain dan menyengsarakan rakyat Indonesia.

Eeeitss, namun, bukan berarti kita hanya sekadar mendukung saja tanpa turut andil di dalamnya ya, karena mau bagaimanapun kita termasuk pelanggan listrik juga di PT. PLN itu, hehehe... satu lagi, kami sangat mengharapkan komitmen yang baik ini tidak hanya dalam kata dan ucapan, tetapi benar-benar diterapkan dengan kelakuan serta perbuatan yang mencerminkan komitmen tersebut di atas. Seperti yang sudah tertulis dan diprogramkan oleh PT. PLN bersih dengan merangkum 4 poin atau disebut 4 pilar:
  1. Partisipasi, partisipasi dari para pegawai PT. PLN dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN Bersih dengan baik
  2. Integritas, integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya ntuk membangun budaya PLN Bersih
  3. Transparansi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih
  4. Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratifikasi.
Mudah-mudahan saja, niat dan maksud baik dari PT PLN sukses dijalankan dan bisa ditiru oleh banyak Perusahaan, instansi, lembaga, atau apapun itu di negara tercinta kita ini Republik Indonesia. Sebab, segala sesuatu Jika kita terapkan secara istiqomah dengan niat dan tujuan yang baik, insya Allah jalan dan hasilnya pun baik, insya Allah...!
Jangan beri celah untuk korupsi, karena jika sudah sedikit anda bersentuhan, maka ia akan menjalar ke segala arah jika tanpa dikontrol oleh ketetapan iman.

You Might Also Like

0 komentar