IT'S A WRAP!

2:02 PM



Sebaris kalimat yang melegakan untuk didengar. Ini kali kedua saya terlibat dalam penggarapan film layar lebar, dengan posisi jobdesc yang sama: dialect coach. Bedanya, film kali ini begitu terasa jauh lebih berkesan karena ceritanya diangkat dari novel fenomenal salah satu guru menulis saya: Gol A Gong.

30 hari syuting rupanya menguras banyak sekali tenaga dan pikiran. Segala macam drama terjadi bukan hanya di depan kamera, tapi di belakang kamera, dan jauh lebih seru dan menegangkan. Fajar Nugros, di setiap kali kesempatan berkata ini adalah film yang memberi tekanan dan tanggung jawab tersendiri karena Balada Si Roy memiliki fans fanatiknya. Dia sebagai sutradara betul-betul mengerjakan film ini semaksimal mungkin. Bahkan, salah satu kru nyeletuk, “Film sebelumnya ada suara mobil, shooting jalan terus, tapi di film BSR, ada suara sedikit aja langsung take ulang.” Itulah bukti keseriusan dia dengan film ini.

Rasa lelah itu terbayar ketika syuting hari terakhir di Istana Kaibon. Usai scene akhir, semua kru diminta berkumpul di bangunan Istana Kaibon. Biasa saja, tak perlu terharu, bisik hati saya ketika mendengar sutradara dan produser memberi sepatah dua patah kata ucapan maaf dan terima kasihnya kepada kru.

Namun, saat Mas Gong diminta memberi sepatah kata, saya melihat dan mendengar langsung suaranya serak dan bergetar. Beliau mengucapkan terima kasih dan air matanya seketika luruh, mengundang kru dan cast lain berlinangan air mata, termasuk saya. Rasa haru dan bahagia bercampur-aduk saat itu.

Novel ini memang sangat berarti baginya. Sebuah karya pertama yang melambungkan namanya sejak 32 tahun lalu. Dan di hadapannya, beliau menyaksikan betapa tokoh-tokoh fiksi karangannya, mewujud menjadi sosok manusia yang bisa disentuh, diajak bicara, dan foto bersama.

Ini pengalaman yang luar biasa bagi saya. Banyak sekali pelajaran yang bisa saya ambil. Suatu saat karya saya juga akan diapresiasi sedemikian rupa seperti yang dialami Mas Gong, saya harus meyakini itu.

Terima kasih untuk kalian semua, cast dan kru yang luar biasa. Senang bisa bertemu dan mengenal kalian.

Tunggu filmnya tayang di bioskop bulan Agustus mendatang!



You Might Also Like

0 komentar