[Ulasan Film] Panduan Mempersiapkan Perpisahan: Ajak Penonton Lebih Mengenali Diri Sendiri

February 24, 2023

Ofiicial poster by Visinema Pictures
Score: 7,5/10

Demi (Lutesha) adalah perempuan yang tiba-tiba datang dalam kehidupan Bara (Daffa Wardhana). Akan ada 3 bagian dan epilog yang dituturkan Bara selaku narator dalam film ini. Dalam durasi 1 jam 8 menit, penonton akan dipaksa masuk bukan ke cerita keduanya, tetapi ke pengalaman pahit masing-masing.

Film ini menjadi jembatan, atau lebih tepatnya, memperbaiki lagi jembatan yang sudah lama sengaja saya putus. Cerita yang personal ini, malah tak lagi memberi jarak bagi saya untuk menziarahi kenangan usang yang berhasil menunjukkan betapa bodohnya saya, pernah terjebak di posisi Bara. 

Alih-alih disebut film, Panduan Mempersiapkan Perpisahan yang diangkat dari novel Eminus Dolere karya Arman Dhani ini malah seperti catatan perjalanan atau dokumenter dua anak manusia yang terbawa arus bernama “cinta”.

Permainan tata cahaya dari scene ke scene menambah kengiluan di dada. Film yang setelah menontonnya akan meninggalkan nyeri dan membangkitkan rasa penasaran lagi tentang "apa kabar Demi-ku di dunia yang sekarang?"

Secara keseluruhan, film ini sudah cukup baik secara teknis dan cerita. Saya hanya menyayangkan peran Bara yang dibawakan oleh Daffa di beberapa bagian emosinya kurang tebal. Kematangan Lutesha sebagai Demi kurang bisa diimbangi oleh Daffa.

Selain itu keterangan waktu dari permainan alurnya pun terlalu samar dan minim petunjuk, sehingga kita jadi menebak-nebak ini tahun berapa, kenapa tidak ada perubahan secara fisik atau interior dan eksterior lokasinya semisal penggunaan radio, mesin ketik, handphone, kendaraan dan lain-lain. Perintilan semacam itu perlu pula diperhatikan lebih baik lagi.

Cilegon, 24 Februari 2023

 

You Might Also Like

0 komentar