[Ulasan Film] Don't Look Up: Sinisme dan Komedi Gelap

8:12 PM


Score: 8/10.

Saat saya tonton, film ini sedang tranding nomer wahid di aplikasi Netflix. Beberapa kawan saya juga sudah menuliskan ulasannya. Intinya, film ini berkisah tentang Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence), seorang mahasiswa pascasarjana astronomi, dan profesornya Dr. Randall Mindy (Leonardo DiCaprio) membuat penemuan mengejutkan tentang sebuah komet yang mengorbit di dalam tata surya.

Mereka menemukan bahwa komet itu berada pada jalur tabrakan langsung dengan Bumi. Keduanya pun berusaha mengingatkan semua orang tentang penemuan tersebut. Hingga bertemu dengan Presiden AS. Sialnya, kegentingan yang disampaikan dua orang astronom itu dianggap angin lalu saja. 

Film ini penuh dengan sindiran tentang ketidakpedulian pemerintah mengenai krisis iklim. Satire yang dibalut dalam komedi juga akan banyak bertebaran dan dengan mudah kita temuu. Saya dibuat jengkel dan panik dalam waktu yang bersamaan, seperti yang dialami Kate dan Randall. 

Tapi, apa yang dilakukan pemerintah persis ketika adanya pandemi di awal-awal kemunculannya. Kita seolah bingung dan tidak siap bagaimana menghadapinya dan seperti apa harus bersikap. Apalagi ini ancamannya kiamat akibat kejatuhan komet seluas 10km. Holy shit! 

Bahkan kiamat ini dijadikan isu untuk urusan politis. Belum lagi pengusaha terkaya ketiga di dunia yang super bikin gondok, dengan caranya bicara dan ekspresinya dia berhasil bikin saya ingin meninju wajahnya. Apalagi caranya yang picik demi mengambil keuntungan dari komet ini sehingga ia sempat membatalkan pencegahan jatuhnya komet. 

Film ini mengajak kita untuk merenung tentang apa yang sudah kita siapkan bila sewaktu-waktu bencana itu datang. Meski ya rada janggal soal waktu yang konon menurut data dan perhitungan Kate soal komet yang berbenturan dengan bumi 6 bulan 14 hari, tetapi timeline di film berasa terlalu cepat dan tidak ada pembahasan soal itu. 

Anyway, saya suka filmnya tapi masih berasa bagus saja, tidak sampai bikin takjub, kecuali soal CGI yang memang udah nggak diragukan lagilah filmmaker Amerika soal itu. 


Cilegon, 03 Januari 2022


You Might Also Like

0 komentar