Memperingati Kelahiran Nabi Muhammad SAW 1435 H.

7:04 PM

13896929821590458646
Keramaian di pelataran Masjid Agung At-Ta'awun Cibeber-Cilegon.




Warga Desa Cibeber, Cilegon pada  Selasa (14/01) hari ini sedang ramai memperingati hari besar Islam (PHBI) Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H. Panjang mulud— sebutan untuk hiasan atau rangkaian yang hanya ada pada perayaan Maulid Nabi— beraneka rupa ditampilkan dengan kreativitas dari setiap warga per-gang/blok di desa yang masih kental dengan adat budaya serta religiusnya itu. Agenda perayaan ini selalu ramai setiap tahunnya. Ada yang membentuk panjang muludnya yang notabene menyulap kendaraan roda empat menjadi serupa  masjid, perahu, onta, Al-Quran dls. Ajang ini pun turut dijadikan sebuah lomba dengan kriteria penilaian dari segi kreativitas, keunikan serta tentunya jumlah modal tertinggi yang dikeluarkan. Hadiahnya pun cukup menggiurkan, sebab sebelumnya setiap warga per-gang telah dimintai iuran juga dana diperoleh dari para dermawan. Semoga agenda tahunan di setiap daerah khususnya di desa Cibeber ini umunya Negara Indonesia  tidak memudar seiring bergantinya zaman.

13896878691741457363
Salah satu hasil kreasi warga Cibeber Barat yang terpilih sebagai salah satu juara Dekorasi Terbaik




Acara semakin nampak meriah saat ada gerombolan marawis yang memaikan alat musiknya secara syahdu. Juga para tamu undangan serta pedzikir yang terus mengagungkan kemahabesaranNya juga junjungan kita semua Nabi Muhammad SAW. Jalanan menjadi padat merayap ketika warga tumpah mengisi pelataran masjid Agung At-Ta'awun Cibeber.

13896885762145495160
Keramaian yang ditangkap dari lantai dua Masjid At-Ta'awun Cibeber




Tidak terlihat perbedaan antara si kaya ataupun si miskin. Semua sama rata, tidak ada pembeda dalam kesenjangan sosial, malah warga Cibeber terlihat berbaur dan berbagi kebahagiaan satu dan yang lainnya. Bahkan keluarga yang merantau jauh dari desa menyempatkan hadir dan datang untuk berkumpul bersama sanak saudaranya di kampung dan menyaksikan keseruan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Mudah-mudahan esensinya akan terus terbawa pada acara-acara atau kegiatan positif lainnya di kampung tercintaku ini :) aamiin!



13896903131453855820
 Tetua desa Cibeber KH. Mursi Qudsi (mengenakan sarung) beserta Para ketua RT Atau yang mewakili menerima piala dan piagam atas terpilihnya panjang mulud terbaik





Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar tanpa kendala. Terlebih lagi  cuacanya yang amat mendukung. Meski terik dan panas, tetapi tidak menyurutkan semangat para warga yang rela berpanas-panasan :')

Cukup sekian laporan dari seseorang yang mengaku wartawan gadungan alias masih abal-abal. Pada intinya saya pribadi sebagai pribumi Cibeber sangat senang dan terharu terlahir di desa yang indah ini. Besar harapan saya ini akan menjadi agenda tahunan yang tidak akan tergerus oleh zaman. Semoga pemuda-pemuda seperti saya ini bisa mempertahankan adat serta budaya yang turut serta melekat dalam Desa dan kampung tercinta ini.
Salam senyum, salam Semangat^^
FAM1198M, Cilegon.

You Might Also Like

0 komentar