[Ulasan Film] Ketika Cinta Menjadi Hal Paling Dasar yang Sering Terlupakan

8:41 PM

Official poster by Disney+ Hotstar
Score: 9,3/10.

Serial Indonesia naik level setelah saya menonton ini. Sungkem sama Yandy Laurens selaku sutradara yang selalu bisa menyisipkan tema surealis ke film-film realisnya tanpa ada kesan maksa.

Kalian bisa buktikan sendiri dengan menonton film pendek sebelumnya yang sudah tayang di youtube, mulai dari Sore: Istri dari Masa Depan (2017), Axelerate the Documentary (2018), Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode (2018), dan Janji (2019). Itu hanya beberapa dari karyanya yang pernah saya tonton.

Saat akun IG Disney+ Hotstar mengumumkan bakal ada serial garapan Yandy ini tayang, saya sangat excited dan tak sabar menunggunya. Malam ini episode ke-7 dan ke-8 tayang sekaligus.

Kejelian Yandy dalam memasukkan detail-detail kecil membuat saya tak henti-hentinya kagum. Ia sangat memerhatikan polah tingkah karakternya dalam setiap scene.

Premisnya sederhana: bagaimana kalau, orang yang kita cintai tiba-tiba menghilang dalam sekejap di hadapan kita?

Terkesan seperti cerita misteri atau thriller, tetapi ini adalah serial drama. Hal tersebut bisa masuk akal ketika dengan sabar Yandy, yang juga sebagai penulis, membangun logika dalam cerita sehingga bisa diterima oleh penonton.

Sheila Dara yang berperan sebagai Dara, berhasil menunjukkan kepolosan dan keluguannya dengan sangat effortless, seperti tidak sedang berakting. Begitu juga dengan aktor lain yang berperan dengan sangat brilian. Saya sampai bosan memuji Reza Rahadian karena lagi-lagi ia berhasil membuat saya dongkol dan ingin meninju wajahnya saat memerankan tokoh Rendra yang abusive.

Hanya Satria (Dion Wiyoko) yang bisa melihat Dara, teman masa kecilnya yang sekaligus menjadikan Dara sebagai orang pertama yang dicintainya. Itu pula menurut asumsi saya kenapa hanya Satria yang bisa melihat Dara.

Gadis malang itu tidak benar-benar hilang, dia masih ada di tempat yang sama, hanya saja tubuhnya tak kasat mata. Dan, ternyata semua itu saling berkelindan dan terhubung dengan masa lalu Dara. Gila!

Lewat serial ini Yandy ingin mengkritik, sekaligus menyampaikan kepada mereka yang memiliki hubungan toxic relationship tetapi masih bertahan untuk hidup bersama. Padahal selalu ada pihak yang dirugikan.

Satu hal yang mengganggu saya alasan Rendra yang masih ingin menginap di hotel yang sama sebelum melangsungkan pernikahan. Kenapa? Bukankah kalau kita pernah merasa dirugikan justru harusnya menghindarinya?

Lalu, apa yang hilang dalam cinta? Yups, cinta itu sendiri. Hal paling mendasar dalam hubungan yang sering terlupakan. Kalau tak percaya, tonton dan buktikan sendiri!

Cilegon, 20 Agustus 2022

You Might Also Like

0 komentar